Yuk Belajar Direct Marketing Untuk Meningkatkan Loyalitas Customer

Image Description

Rizky Prayogo

1 month ago Marketing
Share:
Image Description

"Waktu terbatas! Segera tukarkan pesan ini untuk mendapatkan discount up to 50% untuk berbagai jenis produk dari kami. Caranya mudah sekali, cukup datang ke toko kami dan tukarkan pesan ini untuk menikmati discount dan berbagai promo menarik lainnya! Tunggu apa lagi? Ayo segera tukarkan dan Happy Shopping!”


Pernahkah kamu mendapat pesan SMS, Whatsapp atau lewat platform lainnya yang berisikan pesan seperti di atas? Pastinya pernah kan. Tahukah kamu kalau pesan diatas merupakan salah satu jenis strategi marketing, yaitu Direct Marketing. 


Bagi sebagian orang, strategi seperti ini dianggap mengganggu karena Spam. Namun bagi pelaku usaha bisnis, strategi ini justru merupakan strategi yang potensial untuk digunakan karena dapat menekan biaya promosi dan bisa melihat langsung respon dari audiens.
 

Pengertian Direct marketing


Direct marketing yaitu merupakan strategi marketing yang menggunakan sarana komunikasi atau distribusi langsung dari penjual kepada para audiens. Strategi ini biasanya dilakukan melalui tatap muka atau bisa juga lewat media komunikasi seperti SMS, WhatsApp atau Email dan sejenisnya. Keuntungan dari Direct Marketing ini adalah kamu tidak perlu melibatkan pihak ketiga seperti media iklan. Dengan begitu, kamu bisa langsung menerima respons dari audiens.


 

Jenis-jenis Direct Marketing


 

SMS marketing

Sumber: CaptainVerify


Pastinya kamu sudah tidak asing dengan yang satu ini. Yup, pesan singkat atau SMS merupakan salah satu media yang sering digunakan untuk melakukan promosi. Dengan melalui pesan singkat, kamu bisa memberikan promosi langsung ke para audiens. Kamu bisa memberikan promosi yang menarik seperti Discount, Cashback, Buy 1 get 1, atau yang lainnya. 


Ada banyak manfaat dari SMS Marketing ini jika dibandingkan dengan Direct Marketing yang lainnya, salah satunya yaitu bentuk promosi yang mobile friendly. Hal ini karena semua jenis ponsel pastinya memiliki fitur wajib, yaitu SMS. Contoh manfaat lainnya yaitu SMS Marketing ini bisa digunakan untuk menjangkau berbagai kalangan, termasuk untuk calon customer yang tidak menggunakan Smartphone.


 

Social Media Marketing

Sumber: mcdonaldsid


Dengan semakin banyaknya pengguna social media yang dari berbagai jenis kalangan, tentu hal ini bisa dijadikan lahan sebagai media promosi. Ada Banyak sekali manfaat yang bisa kamu dapatkan dari social media marketing, diantaranya yaitu menghemat biaya promosi, bisa berinteraksi langsung dengan audiens, dan kamu bisa memantau berapa banyak audiens bisa di jangkau oleh promosi mu. 


Untuk menjangkau audiens yang luas, tentunya kamu juga perlu menyajikan konten promosi yang menarik untuk audiens yang melihat konten promosi mu agar mereka mau untuk berinteraksi dan memberikan traffic ke promosi yang kamu berikan.


 

Email Marketing

Email Marketing juga merupakan salah satu Direct Marketing yang potensial, ini karena pengguna email yang terus bertambah dan semakin meningkat. Dalam beberapa survey menunjukan bahwa pengguna email mengatakan, email marketing dapat menjadi pertimbangan bagi mereka untuk membeli suatu produk. 


Hal ini membuktikan kalau email marketing sangat potensial sebagai media promosi. Yang jadi pembeda dari jenis Direct Marketing lainnya, email marketing merupakan strategi yang memungkinkan kamu untuk memberikan pendekatan yang terkesan profesional.


 

Telemarketing

Sumber: Pexels


Telemarketing adalah upaya promosi kepada customer yang potensial lewat komunikasi melalui sambungan telepon. Manfaat dari telemarketing yaitu metode yang personal dan interaktif. Manfaat lain dari telemarketing adalah penjual bisa menjelaskan permasalahan teknis yang dialami oleh customer, memberikan promosi langsung ke customer dengan komunikasi yang jelas dan tepat agar dapat menarik ketertarikan customer. 


Salah satu bisnis yang menggunakan direct marketing jenis ini adalah perbankan, karena mereka biasanya memiliki nasabah khusus yang sesuai dengan kriteria produk mereka yaitu kartu kredit.


 

Katalog

Sumber: BukuMitra


Jenis Direct Marketing yang satu ini memiliki area distribusi yang terbatas, namun promosi melalui media katalog ini merupakan salah satu promosi yang efektif. Manfaat dari katalog yaitu kamu bisa menampilkan mulai dari jenis produk, harga produk, dan deskripsi dari produk tersebut. Meski area distribusinya yang terbatas, kamu juga bisa menyebarluaskannya secara digital ataupun fisik. 


Direct marketing jenis ini biasanya digunakan oleh usaha lokal yang memiliki target audiens yang berasal dari daerah yang sama, hal itu bertujuan agar audiens yang tertarik dengan katalog tersebut bisa datang langsung ke lokasi penjualan produk. Kamu pasti sudah familiar dengan Direct Marketing jenis ini, berikut contoh bisnis yang menggunakan direct marketing jenis ini yaitu Alfamart, Indomaret, Dealer Motor, dan masih banyak lagi. Katalog seperti ini biasanya dibagikan di tempat-tempat yang potensial dan di beberapa titik yang memiliki intensitas keramaian yang tinggi.


 

Nah, itu tadi adalah pengertian dan beberapa jenis dari direct marketing yang mungkin sering kamu jumpai, ada banyak sekali manfaat yang bisa diambil dari strategi bisnis yang satu ini bukan? 


Dalam direct marketing, kamu juga perlu memperhatikan langkah-langkah yang digunakan seperti menentukan target pasar, merencanakan bentuk promosi, arahkan calon customer atau audiens, dan menganalisa performa. Hal ini bertujuan agar direct marketing yang kamu jalankan bisa mendapatkan hasil yang maksimal.


 

Share:

Related articles